B.6 PEMANFAATAN


Pamanfaatan dalam definisi teknologi pendidikan 1994(AECT) adalah salah satu kawasan. Kawasan pemanfaatan seperti yang dipaparkan Seel dan Richey merupakan kawasan mungkin yang tertua. kenapa tertua? Tertua karena penggunaan bahan audiovisual secara teratur mendahului meluasnya perhatian terhadap desain dan produksi media pembelajaran yang sistematis.

Kawasan pemanfaatan berasal dari gerakan pendidikan visual yang tumbuh subur selama dekade pertama abad ini dengan ciri berdirinya museum-museum sekolah. Eksperimen sistematis yang pertama dilaksanakan dalam mempersiapkan pameran untuk tujuan pembelajaran. Selama tahun-tahun awal guru berupaya untuk menggunakan film teaterikal dan film singkat mengenai pembelajaran didalam kelas.

Kawasan pemanfaatan dalam definisi 1994 mencakup:
1. Pemanfaatan media
2. Difusi Inovasi
3. Implementasi dan institusionalisasi
4. Kebijakan dan regulasi

Kilas balik kawasan pemanfaatan dapat di gambarkan Sebelum perang dunia kedua dan setelah perang dunia ke dua.
Sebelum perang dunia kedua:
Pada tahun 1923 dana pendidikan visual dalam sistem persekolahan kota mencakup projecktor, stereopticons, persewaaan film dan lentera film. Dua buah penelitian dalam periode ini dilaksanakan oleh (1) Lashley dan Watson mengenai penggunaan film-film pelatihan militer perang dunia I (tentang pencegahan penyakit kelamin). Titik pusat studi adalah menemukan bagaimana film-film itu dipergunakan dengan efek yang paling baik.(2)Studi dari McCluskey dan Hoban (1930) juga melakukan studi tentang pengaruh pemanfaatan film dalam kelas (seatler, 1968; 1990).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: