Use ICT to Learn atau Learn to Use ICT?


Anak-anak baik disekolah maupun di luar sekolah sering kita jumpai mereka menggengam handphone, smartphone atau tablet. Entah untuk apa, yang jelas kelihatannya sangat sibuk sekali. Ya, mereka telah Use ICT! tetapi apakah mereka menggunakan ICT( smartphone) yang terkoneksi internet untuk belajar tentu belum pasti. Pertanyaan berikutnya apakah mereka juga telah belajar terlebih dahulu belajar cara menggunakan piranti itu? Juga belum bisa ditebak.

aplikasi dekstopMemang, orang menyebut era sekarang, era digital atau era milenium. Sampai bayi-bayi yang lahir dekade ini sering disebut generasi milenium. Entah berdasar atau tidak yang jelas intinya adalah bahwa perubahan harus kita alami. Disetiap sisi kehidupan akan kena yang namanya pengaruh, terlebih lagi di dunia pendidikan.

Unesco sering kali menulis kalimat pada judul diatas. Sepintas kelihatan sepele, namun ada perbedaan yang jelas disitu.

Yang pertama Use ICT to Learn atau  menggunakan TIK dalam belajar sedangkan yang kedua Learn to use ICT atau belajar menggunakan TIK. Mana yang lebih dahulu?

Singkatnya begini, jika seseorang menggunakan laptop yang terkoneksi dengan internet semisal mencari baju, alat kosmetik, merek HP dan sebagaimnya, mereka ini sudah dapat dikatakan menggunakan ICT tetapi belum menggunakan ICT dalam belajar.

Jika anak-anak menggunakan ICT untuk mencari jenis-jenis ikan hias, untuk menambah persespi mereka tentang ikan dan tidak ada hubungannya dengan tugas sekolah, kompetensi Inti atau bagian dari kurikulum maka, anak-anak baru menggunakan ICT dalam belajar TETAPI belum mengintegrasikan.

Integrasi ICT dalam pembelajaran hanya boleh disebut jika mencari ikan hias tadi adalah bagian dari aktifitas belajar yang tertuang dalam rencana pembelajaran.

Jadi menggunakan ICT dengan integrasi ICT sangat jelas perbedaannya.

Agar kedua ragam aktifitas itu berjalan dengan faedah yang baik, maka satu-satunya jalan adalah dengan Learn To USE ICT.

Contoh:

  1. Kami mendengar iklan di radio, cara cepat membaca atau cara ajaib membaca! Masak….? yang bener aja! Lalu kemudian kami browsing mencari informasi yang relevan dengan itu. Lalu kami dapat yang bagus. Kami belajar dirumah tentunya online. Jadi, kami menggunakan ICT untuk menambah wawasan dan tidak ada sangkut pautnya dengan tugas kami. Periksa saja tautan ini.
  2. Ada iklan cara membaca bahasa inggris  dengan baik dan benar. Kalau tidak mau merogoh kocek anda, kenapa tidak menggunakan cara membaca dengan google translate. Disamping bisa menterjemahkan juga bisa mendengarkan cara pengejaannya. Tidak harus keluar rumah cukup di didepan monitor saja.

So, dengan kemajuan teknologi jaringan dan web, sekarang ini sangat banyak piranti, konten dan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengasah keterampilan. Dan hanya perlu dari meja Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: