Menggali kreativitas siswa Kodya Denpasar melalui karya video edukasi


Aksi peserta tingkat smp

Aksi peserta tingkat smp

Lomba video edukasi adalah lomba sejenis Student Media Festival (SMF) yang telah banyak diselenggarakan oleh negara-negara yang telah mengintegrasikan dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam sistem pendidikan di sekolah-sekolah.

Khususnya di negara kita, Indonesia lomba video edukasi telah digagas dan dilaksanakan sejak tahuna 2007 melalui Balai Pengembangan Media Televisi (BPMTV) sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis dari Pustekom (Pusat teknologi pendidikan dan Komunikasi). Kalau di Negara barat (Amerika) kegiatan ini dibawah naungan Asosiasi Teknologi Pendidikan dan Komunikasi atau Assossiation Educational Technology and Communication (AECT).

Video Edukasi adalah media audio visual yang kini bukanlah media yang bersifat elitis (hanya dimiliki dan menjadi hak kaum elit). Perkembangan teknologi terutama komputer dan kamera kini telah melahirkan produk-produk audio-visual yang relatif terjangkau. Kamera dalam berbagai variasi kini hadir di pasaran dan bahkan beberapa sekolah telah memilki kamera yang semi profesional. Mulai dari kamera profesional hingga handycam

Aksi Peserta Tingkat SMP

Aksi Peserta Tingkat SMP

dengan harga dibawah 5 jutaan. Hal ini berarti produk audio-visual tidak harus lahir dari rumah produksi dengan biaya tinggi tapi bisa diproduksi oleh siapa saja baik dengan peralatan sendiri maupun pinjaman.

Kondisi ini membuka peluang konsep-konsep video pendidikan lahir dan diproduksi dari kalangan masyarakat luas. Kalangan pelajar, mahasiswa, kineclub maupun pihak-pihak yang mempunyai perhatian serius dalam video pendidikan diharapkan memberikan peran serta yang aktif dalam kancah produksi video pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: