OkaOke.com dan Jendela Dunia


Buku kata orang ibaratnya “jendela dunia”. Dengan membiasakan membaca, maka kita akan banyak “tahu”. Banyak tahu tentang konsep, prinsip, fakta dan prosedur.

Konsep dan pemikiran dari tokoh-tokoh dan pemikir dunia tertuang dalam candi bahasa. Lewat candi bahasa ini mereka berinteraksi dengan ide-ide brilian.

Faktanya, sangat ironis minat baca orang kita (Indonesia) masih sangat rendah yakni hanya 1 dari 10 ribu warga indonesia yang suka membaca, apa yang disajikan oleh Tempo (12/01/12) merupakan angka yang memberikan refleksi yang sangat mendalam bagi negeri ini.

Demikian pula data yang disajikan oleh edukasi dot kompas bahwa 1 buku dibaca sekitar 800.000 ribu orang. Seperti kami kutif dari dari edukasi.kompas, bahwa:

Angka produksi buku di Indonesia sampai saat ini masih belum membanggakan. “Kita masih setara dengan Malaysia dan Vietnam, padahal jumlah penduduk Indonesia lebih banyak. Kondisi ini tidak masuk akal,” kata Direktur Eksekutif Kompas Gramedia, Suwandi S Subrata, dalam jumpa pers usai pembukaan Gramedia Fair di Istora Senayan Jakarta, Rabu (29/2/2012).

Lebih jauh,

Suwandi menyebutkan, tahun 2011 tercatat produksi buku di Indonesia sekitar 20.000 judul. Dari sisi oplah, Indonesia memang lebih tinggi jika dibandingkan Malaysia. Untuk penerbit besar, umumnya satu buku dicetak sebanyak 3.000 eksemplar. Adapun di Malaysia sekitar 1.500 eksemplar per buku, atau hampir sama dengan penerbit kecil di Indonesia.

Memang disamping data seperti dipaparkan diatas, minat baca masyarakat kita memang disumbang oleh beberapa indikator. Indikator tersebut terkait dengan daya beli yang masih rendah, budaya masyarakat yang enggan untuk membaca, imej bahwa membaca buku hanya dilakukan di sekolah-sekolah, kualitas dan kuantitas yang masih terbatas, ketersediaan buku yang masih terbatas dan akses ke sumber-sumber yang juga masih sulit dijangkau.

Padahal, dijaman ini masalah akses sumber belajar seperti buku sudah sangat jauh berbeda. Informasi yang bertebaran di internet sudah sangat banyak, ibaratnya butir pasir di pantai.

Untuk mendukung kemudahan akses masyarakat dalam memperoleh informasi awal tentang buku-buku yang berbobot, maka OKEshop didedikasikan untuk memudahkan pencarian dan akses terhadap sumber tersebut.

Temukan informasi dan koleksi buku Amazon hanya di OKEshop.

Ditulis dalam Info. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: