Megah namun sayang…


Gedung yang megah dengan lanskap dan tata lampu yang bagus akan memberikan nilai eksotik yang tinggi. Megahnya gedung dan landskap yang cantik dapat dinikmati oleh mata pada siang hari. Namun untuk menikmati kemegahan gedung dimalam hari, faktor lampu atau tata lighting menjadi hal yang penting.

Kurangnya mendapat perhatian atau sentuhan akan menjadi sedikit disayangkan. Obyek kali ini adalah gedung rektorat undiksha yang baru yang bertengger di jalan udayana singaraja. Momen diabadikan pada jam sembilan malam dengan kamera digital tanpa tambahan seperti: lensa tele, filter dan tanpa flash.

Eksterior lampu dengan nada warna putih seperti lampu neon sering tidak dipilih untuk menambah kemegahan gedung, seandainya penggunaan lampu dengan nada warna seperti lampu pijar, tentu pesan hangat, eksotik, megah dapat ditangkap oleh indera seperti mata atau oleh kamera. Hasilnya memang kurang maksimal, atau karena fotografernya yang belum mampu memanipulasi obyek yang sederhana menjadi menakjubkan.

Seperti misalnya bangunan yang satu ini, berlokasi di pinggir pantai pelabuhan buleleng. Jika bangunan ini dilihat pada waktu siang hari, sepertinya biasanya saja. Namun, tampaknya perancang memberikan kejutan ketika bangunan ini dilihat pada malam hari. Perancangan tata lampu bukan saja jenis lampu yang digunakan, juga telah dipikirkan efek warna yang disajikan. Terlihat memang perancang memikirkan detail. Ya, detail memang penting. Dari kaca mata fotografi “leading line” memang harus dapat di tangkap kamera.
Nah inilah picture bangunan tersebut dimalam hari.

Ditulis dalam Opini. Tag: , , . 2 Comments »

2 Tanggapan to “Megah namun sayang…”

  1. yanti Says:

    Mungkil lampunya minim karena ada himbauan dari Presiden untuk hemat energi !
    hehehehehe……….
    Saya saja kalau nonton TV, langsung saya matikan TV-nya bila Pak SBY berpidato, saya ingat himbauan dari beliau untuk hemat energi !🙂

  2. I Made Sukerata Says:

    Mungkil lampunya minim karena ada himbauan dari Presiden untuk hemat energi !
    hehehehehe……….
    Saya saja kalau nonton TV, langsung saya matikan TV-nya bila Pak SBY berpidato, saya ingat himbauan dari beliau untuk hemat energi !🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: