Sharing Pengembangan Konten eLearning di SMAN 3 Denpasar


Berlangsung di Gedung Aula SMAN 3 Denpasar, Kamis (22/12) diselenggarakan workshop Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis eLearning. Acara yang hari pertama di isi oleh Gde Putu Arya Oka dan hari kedua (Jumat, 23/12) di isi oleh Putu Sudiarta (Bamboomedia).

Memang,  saat ini e-learning menjadi trend dan pembicaraan dimana-mana. Apa yang dilakukan SMA 3 Denpasar untuk melakukan upaya menuju kepada e-learning sudah sewajarnya di nilai positif, tanpa memberikan penilaian secara kuantitatif. Artinya, berbicara eLearning sangat luas. Mulai dari pembangunan prasarana dan  sarana, akses , penyiapan standar mutu dan penyiapan untuk pengelolaannya.

Pengembangan bahan ajar menuju pada konsepsi elearning, tidaklah mudah. Setidaknya menurut Horton (2006), jika akan menuju konsepsi elearning, harus diawal dipahami dahulu jenis-jenis dari elearning.  Jenis-jenis elearning  menurut Horton adalah:

1. Standalone courses

2.Virtual-classroom courses

3.Learning Game and Simulations

4.Embedded Learning

5.Blended Learning

6.Mobile Learning

7.Knowledge Learning

Menurut Horton, hal yang sangat penting dipahami  sebelum konsepsi elearning diterapkan di dunia pendidikan adalah ” start with good instructional design”.

Instructional design atau rancangan pembelajaran adalah dokumen yang dihasilkan melalui beberapa tahapan dengan menggunakan beberapa teori dan model desain yang sudah ada. Kegiatan merancang pembelajaran mutlak dilakukan, hal ini sama halnya dengan seorang arsitek yang mendesain terlebih dahulu sebelum bangunan bisa dibangun. Para perancangan pembelajaran atau sama dengan arsitek akan memastikan, bahwa semua faktor-faktor yang akan menyebabkan suksesnya Proses Pembelajaran dianalisa, yang selanjutnya di tuangkan dalam desain pembelajaran (bersambung..)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: