Sejarah Teknologi Pembelajaran


Silakan mengutip untuk digunakan, asal mencamtumkan sumber di bawah ini. Arya Oka, G.P. 2011. Sejarah Teknologi Pembelajaran dari Masa ke Masa. Tersedia pada [silakan isi url blog ini]. Diakses pada tanggal…

——————————————————————————————-

The Association for Educational Communications  and Technology (AECT) atau sebuah asosiasi untuk pendidikan komunikasi dan Teknologi Pendidikan. Asosiasi  yang bergairah ini mengkaji tentang usaha-usaha ‘menemukan cara’ yang lebih baik, untuk membantu orang belajar dan bagaimana mereka akhirnya bergabung dengan puluhan ribu orang lain dalam mengejar pencarian itu.

Apa yang dimulai pada tahun 1923 yang mulanya sebagai asosiasi Pendidikan Nasional Departemen Instruksi Visual  menjadi sebuah asosiasi internasional yang mewakili profesional dalam berbagai pekerjaan yang memiliki minat dalam meningkatkan pembelajaran melalui penggunaan media dan teknologi.

AECT adalah rumah profesional tertua untuk bidang garapan yang spesifik dan terus mempertahankan posisi sentral di bidangnya, mempromosikan standar-standar yang akurat,  memberikan bantuan beasiswa dan dalam membantu praktek-praktek pendidikan/pembelajaran. Asosiasi Pendidikan Komunikasi dan Teknologi (AECT) adalah sebuah asosiasi profesional dari ribuan pendidik dan pemerhati lainnya, yang kegiatannya diarahkan untuk meningkatkan instruksi melalui teknologi.

Anggota AECT dapat ditemukan di perguruan tinggi dan universitas, di Angkatan Bersenjata dan industri, dalam museum, perpustakaan, dan rumah sakit; dan di banyak tempat di mana perubahan pendidikan sedang berlangsung. Anggota AECT melaksanakan berbagai tanggung jawab dalam perencanaan, studi aplikasi, dan produksi media komunikasi untuk instruksi atau pengajaran.

Asosiasi ini telah menjadi sebuah organisasi utama bagi mereka yang secara aktif terlibat dalam merancang pengajaran dan pendekatan sistematis untuk belajar. Ini menyediakan sebuah forum internasional untuk pertukaran dan penyebaran ide untuk anggotanya dan untuk khalayak yang lebih besar; itu adalah juru bicara nasional dan internasional untuk peningkatan instruksi, selain aosisiasi ini menghubungkan berbagai informasi mengenai berbagai pembelajaran dan pendidikan teknologi.

Dengan  lebih dari 2.000 anggota, AECT telah hadir di 24 negara dan enam afiliasi internasional yang semua bersemangat tentang menemukan cara yang lebih baik untuk membantu orang belajar. AECT memiliki 10 divisi yang mewakili luasnya bidang garapan  dan kedalaman lapangan.  Asosiasi ini menghasilkan dua jurnal dua bulanan, Penelitian Teknologi Pendidikan  dan Pengembangan yang bernama “TechTrends”

Misi   AECT

AECT memberikan kepemimpinan internasional dengan mempromosikan beasiswa dan praktik terbaik dalam penciptaan, penggunaan, dan pengelolaan teknologi untuk mengajar dan belajar yang efektif dalam berbagai pengaturan

 Tujuan AECT

  1. Menentukan disiplin dan kegiatan profesional yang meliputi bidang  pendidikan dan teknologi komunikasi.
  2. Melayani dan mendukung kegiatan  profesional di lapangan dan mendukung pertumbuhan profesional.
  3. Menyalurkan  beasiswa dan praktek yang berkontribusi terhadap dan memperbesar basis pengetahuan lapangan.
  4.  Mempromosikan kebijakan yang menjamin  etika dan penggunaan yang manusiawi dari pendidikan  komunikasi  dan teknologi di semua tingkatan, dari pribadi melalui internasional

Menurut publikasi AECT, sejarah dan cikal bakal Teknologi Pendidikan/Pembelajaran dibagi dalam beberapa fase, yaitu:

  1. Fase masa Formatif Periode 1923-1931
  2. Fase Konsolidasi Periode 1932-1945
  3. Fase Pasca-Perang Pertumbuhan Periode 1946-1957
  4. Fase Federal Aid Boom Periode 1958-1970
  5. Fase Kemerdekaan dan Periode Dispersi, 1971-1982
  6. Fase Dampak Komputer dan Periode Perampingan, 1983-1999

Sejarah teknologi pendidikan dalam mode audiovisual silakan klik disini

—————————————————————————————–

Pustaka

Lever-Duffly, J. & McDonal, J. B. 2009. Teaching and learning wit technology. New Jersey: Pearson education, Inc.

Roblyer, M. D., & Doering, A.H. 2009. Integrating educational technology into teaching, fifth edition. USA: Pearson Prentice Hall.

Ditulis dalam Trend Teknologi Pendidikan. Komentar Dinonaktifkan pada Sejarah Teknologi Pembelajaran
%d blogger menyukai ini: