Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar di SMPN4 Pupuan


Perkara mengembangkan bahan ajar yang merangsang kognisi anak didik dan menumbuhkan motivasi agar anak-anak belajar dengan interaksi yang optimal, terinspirasi, menyenangkan, menantang serta memotivasi tentunya tidaklah mudah.

Bagi sebagian kalangan membeli buku dirasa sudah cukup, dan tidak perlumengembangkan bahan ajar. Jika ganti kurikulum, tinggal ganti buku saja. Apakah hanya sederhana itu saja, menyelesaikan persoalan bahan ajar.

Padahal, bahan ajar adalah komponen sistem yang sangat penting. Bukan yang penting siapa yang membuat,siapa mengeluarkan dan berapa harganya, namun yang sangat penting adalah apakah konten (isi) dari bahan ajar itu layak dan sesuai dengan kebutuhan anak didik. Jangan-jangan tidak sesuai dengan keinginan siswa-siswi.

oka Pertanyaan yang sederhana adalah ketika kurikulum berganti, bisanya diiringi dengan mengganti komponen-komponen sistem pembelajaran, seperti buku misalnya. Apa harus mengganti buku, tentunya jawaban atas pertanyaan ini bisa ia dan bisa tidak. Yang menjawab ia tentunya ada alasan kuat misalnya kenapa repot-repot kan sudah ada buku ajarnya.

Yang menjawab tidak tentunya ada alasan ingin mengembangkan isi sesuai perkembangan. Yang menjawab tidak memiliki alasan, kalau garis besar program pengajaran sudah dikuasai,maka tinggal memindahkan materi.

lalu, bagaimana mengembangkan bahan ajar yang bukan saja baik, namun juga sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah bersangkutan. Untuk menjawab inilah SMPN 4 Pupuan yang berlokasi di Padangan memberikan pelatihan bagi guru-guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis ICT.

oka2Dengan mengundang nara sumber dari FIP Undiksha yakni Gde Putu Arya Oka. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari mulaitanggal 22 sampai 23 januari 2011.

2 Tanggapan to “Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar di SMPN4 Pupuan”

  1. Nyoman Wiastra Says:

    Salut Pak dengan cara penyajian Materi oleh Pak…, dan kembali saya ingatkan bahwa Pelatihan berikutnya adalah Hari Jum’at dan Sabtu tgl 18 dan 19 Februari 2011 ini. Terimakasih!

  2. oka Says:

    oke, pak Wi tetap semangat!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: