Tidak Mudah Membuat Media Pembelajaran


Salah satu dari tuntutan bagi guru sebagaimana disebutkan di atas adalah mampu memilih media pembelajaran yang tepat.  Seorang guru, disamping mampu memilih media pembelajaran, idealnya juga mampu bersinergi dan bekerja sama dengan teknolog pembelajaran (sarjana teknologi pembelajaran) dalam mengembangkan bahan ajar  menjadi media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar yang menarik merupakan keharusan agar proses pembelajaran tidak berlangsung dengan menjemukan.

Bahan ajar yang didefinisikan sebagai bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran, menuntut kemampuan seorang guru untuk melakukan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan daya tarik siswa sehingga proses dan hasil pembelajaran dapat dicapai optimal. Untuk mencapai hal ini, guru dituntut bersikap kreativitas dan inovatif. Kreativitas guru dalam bersinergi dengan teknolog pembelajaran di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sangat dimungkinkan untuk mengemas bahan ajar dalam format digital yang interaktif dengan fasilitas dukungan multimedia.

Salah satunya adalah melalui pengembangan proses pembelajaran yang inovatif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information Communication and Technology (ICT). Inovasi bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK yang dimaksud adalah bentuk atau model pembelajaran yang merupakan hasil dari inovasi dan pengembangan bahan ajar menjadi medi pembelajaran yang menitik beratkan pada penggunaan komputer

Pak Uwes dari Pustekkom memberikan Pembekalan tentang TIP Media

Pak Uwes dari Pustekkom memberikan Pembekalan tentang TIP Media

Peserta Asyiik menyimak !

Peserta Asyiik menyimak !

Ditulis dalam Opini. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: