Bahan Ajar Multimedia


KATA PENGANTAR

Puji syukur Penulis panjatkan ke hadapan Tuhan yang Maha Esa atas selesainya penyusunan buku bahan ajar Teknik Produksi & Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Bahan ajar cetak ini disusun untuk melengkapi khasanah buku teks perkuliahan Multimedia di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA).

Pemerintah (Depdiknas) dengan Standar Kompetensi Nasional (SKN), telah melahirkan sebuah dokumen yang patut kita sambuat gembira. Semenjak dimasukkan kurikulum TIK pada tahun 2004 yang mendampingi kurikulum – kurikulum yang lainnya. Sumber-sumber literatur atau dokumen program keahlian Multimedia yang dalam SKN disandingkan dengan Multimedia Audio Visual merupakan pemetaan yang berlaku nasional. Dokumen ini sangat penting mengingat keberagaman persepsi terutama kajian dan sub kajian multimedia yang masih beragam. Oleh karena itu, penulis berpikir hadirnya buku ini tidak terlepas dari upaya untuk mendukung pemerintah dalam mengimplementasikan pemetaan standar kompetensi nasional. Dengan standar ini maka, pengembangan konten multimedia dan audiovisual sudah saatnya dijadikan rujukan. Menurut hemat kami dalam usaha mengapresiasi standar itu harus ada upaya untuk memenuhi unsur materi dari standar kompetensi nasional itu. Oleh karena itu kami berusaha menyusun materi Multimedia disamping digunakan sebagai bahan ajar di Jurusan Teknologi Pendidikan diharapkan juga turut mendukung visi dan misi pendidikan Nasional untuk menciptakan manusia yang cerdas dan kompetitif. Secara khusus buku ini mengangkat hal-hal penting kompetensi Multimedia Audio visual pada bidang pendidikan (Pengajaran). Hal ini didasari oleh harapan-harapan yang lebih besar seperti Depdiknas dalam kata pengantarnya yang menyatakan “– institusi pendidikan di tanah air bisa menyusun suatu materi ajar yang terkoordinasi secara nasional, mulai dari pendidikan menengah kejuruan sampai dengan pendidikan tinggi yang lebih menekankan pada materi-materi ajar kepraktisan yang lebih besar manfaatnya bagi masyarakat Indonesia. Dari jenjang SMK, dilanjutkan ke sistem pendidikan diploma / politeknik, diterapkan materi ajar bidang elektronika yang berkesinambungan sesuai dengan tingkat kesulitannya. Dengan upaya ini, diharapkan bisa diperoleh SDM yang benar-benar memiliki keahlian atau kompetensi yang diperlukan oleh negara dan bangsa.”

Kami sadari literatur yang ada secara khusus untuk dapat dipakai sesuai kebutuhan lembaga di jurusan Teknologi Pendidikan masih sangat kurang, dokumen yang ada dalam bahasa Inggris masih menyisakan masalah akibat penguasaan bahasa asing dan kendala budaya kita.

Buku ini pada mulanya adalah diktat di Jurusan Teknologi Pendidikan untuk mata kuliah Multimedia [TPD6313). Materi dalam buku ini juga diperkaya dari beberapa dokumen baik dari sumber printing oriented maupun screen oriented pada url hasil dari studi lintas sumber di dunia maya. Ditambah pengalaman memangku mata kuliah Multimedia pada Jurusan Teknologi Pendidikan, Siaran Radio Pendidikan , Video Pembelajaran, Pengelolaan Citra, Komputer dan Media Pembelajaran dan Sinetron Pendidikan, maupun pada PJJ PGSD dan Jurusan Bahasa Jepang. Maka jadilah sebuah diklat yang bisa disajikan dalam versi cetaknya. Penyusun mengucapkan terimakasih kepada Universitas Pendidikan Ganesah, khusunya LP3 yang berkomitmen untuk mendorong agar lahir model-model pembelajaran inovatif. Dicetaknya bahan ajar ini dalam kemasan yang lebih baik dengan harapan bahan ajar ini dapat digunakan untuk pemakaian yang luas. Buku ini juga dapat digunakan oleh siapapun yang ingin bekerja pada lingkungan konten multimedia dan broadcasting.

Sebagai sebuah karya manusia, tentu buku ini masih banyak mengandung kelemahan. Maklumlah tidak ada gading yang tidak retak. Karena itu penyusun menerima dengan senang hati segala kritik dan saran demi perbaikan buku ini pada versi cetak yang akan datang. Anda dapat menuliskan email ke okaeciken@gmail.com, yakinlah segala masukan akan kami gunakan dalam penyempurnaan materi pada versi berikutnya.

Penulis Gde Putu Arya Oka

Ditulis dalam Multimedia. 4 Comments »

4 Tanggapan to “Bahan Ajar Multimedia”

  1. Felix Says:

    selamat dan sukses ya…

    saya sangat ingin mengetahui isi dari buku “Produksi dan Pengembangan Multimedia Pembelajaran” yang telah bapak selesaikan itu… bagaimana saya bisa mendapatkan buku itu??? apakah sudah beredar di pasaran?? atau apakah saya bisa memesan langsung ke bapak?? bagaimana caranya???

    saya sangat berterima kasih untuk balasan dari bapak ke email saya: felixtp_nr05@yahoo.com
    salom..

  2. gdeputu Says:

    Terimakasih atas kunjungannya. Terimakasih atas komentarnya juga. Untuk buku masih proses pencetakaanya. Kalau sudah siap nanti saya infokan.

  3. siwi Says:

    pak saya butuh bukuk ini untuk mengajar…dimana saya bisa dapatkan bukmu bapak?
    saya mengharapkan balasan dari bapak email saya:
    siwi.blue@gmail.com

  4. gdeputu Says:

    trim ya, baru balas neh tempo hari sibu di kampus. Silakan ganti biaya print aja, soale belum kami terbitkan banyak.silakan kontak kami di okaeciken@gmail.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: